Manfaat Yoga Bagi Si Tukang Duduk Lama

Manfaat Yoga Bagi Si Tukang Duduk Lama

Manfaat Yoga – Beberapa kegiatan sehari-hari menuntut kita untuk terpaksa duduk lama dalam durasi yang panjang. Meskipun sekilas terlihat seperti bermalas-malasan, nyatanya justru aktifitas ini memberi beban berat pada tulang punggung dan sekitarnya. Banyak contoh kegiatan yang memaksa kita unduk jadi si tukang duduk, seperti belajar di kampus, kerja kantoran, dan lain sebagainya.

Mempertahankan posisi duduk terlalu lama dapat menyebabkan punggung kelelahan dan kehilangan kekuatannya. Jika dibiarkan, efek jangka panjang dapat mengakibatkan gangguan jantung, stres tingkat tinggi, serta penuaan dini. Untuk mengatasinya, rutin melakukan latihan yoga memiliki segudang manfaat positif dibandingkan jenis olahraga lainnya.

Ragam Pose Manfaat Yoga Bagi Si Tukang Duduk Lama

Manfaat Yoga Bagi Si Tukang Duduk Lama

Apabila anda berniat untuk hidup dengan umur panjang serta memiliki tubuh yang fit hingga lansia, pertimbangkanlah gaya hidup yoga. Lagipula, olahraga ini cukup fleksibel karena bisa dilakukan di ruangan indoor kapanpun tanpa terhambat oleh batasan waktu. Di sela-sela istirahat, anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk mempraktekkan setidaknya satu pose yoga.

Maka dari itu, tidak ada alasan bahwa anda kehabisan waktu untuk berolahraga, karena yoga bisa dijalankan ketika sedang kerja. Biaya persiapannya pun terjangkau, tidak perlu beli peralatan yang muluk-muluk dengan harga selangit. Anda cukup menyiapkan satu setel pakaian olahraga sederhana ditambah sebuah matras. Silahkan anda gelar matras tersebut di sisi meja tempat anda bekerja dan segeralah take action.

  1. Gaya Pegunungan

Gaya Pegunungan

Gaya pegunungan merupakan satu dari sekian banyak ragam pose yoga favorit bagi si tukang duduk lama. Pose ini hanya membutuhkan sedikit ruang karena sesungguhnya yang anda lakukan hanya berdiri tegak saja. Satukan tangan anda di atas kepala selurus mungkin hingga merasakan kontraksi di otot lengan.

Rentangkan secukupnya saja, karena jika berlebihan malah menyebabkan kram pada otot anda. Busungkan dada anda, lalu pertahankan gerakan ini dalam satu tarikan nafas panjang. Ketika menghembuskan nafas, kendurkan secara perlahan semua otot yang terlibat. Durasi gerakan ini sekitar 30 sampai 60 detik maka dianggap sudah dihitung satu kali. Ulangi beberapa kali.

  1. Downward Dog Style

Downward Dog Style

Gerakan selanjutnya cukup menarik, yaitu downward dog style di mana kita meniru gerakan natural seekor anjing. Kita akan memulai gerakan dari sikap tegak sempurna, kemudian turunkan kedua tangan hingga menyentuh lantai. Dekatkan setiap telapak tangan anda yang bertumpu di lantai sedekat mungkin ke tempat kaki berpijak.

Jika mengikuti instruksi kami dengan benar, maka seharusnya posisi anda saat ini seperti membentuk huruf V yang dibalik. Rasakan peregangan otot yang terjadi, lalu mulailah menghitung selama 30 sampai 60 detik. Atur keluar masuknya napas sepanjang yang anda bisa, dan nikmati sensasi rileks memenuhi seluruh tubuh.

  1. Gaya Uttanasana

Gaya Uttanasana

Supaya lebih efisien, lanjutkan gerakan downward dog dengan uttanasana di 30 detik terakhir sebelum menyelesaikan satu putaran. Caranya adalah dengan memindahkan kedua telapak tangan yang tadinya berada di depan ujung jari kaki. Pindahnya ke mana? Yaitu menuju sisi samping kaki sehingga tangan menjadi berbaris sejajar bersama kaki secara horizontal.

Gerakan ini memang cukup sulit bagi pemula karena menuntut kelenturan tubuh bagian bawah yang cukup. Tidak perlu dipaksakan, namun perlu diusahakan supaya badan kita terbiasa dan perlahan meningkatkan sifat lenturnya. Gabungan kedua pose ini membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 menit. Efeknya? Otak jauh lebih segar dan mengembalikan ketajaman fokus kita karena aliran darah mengalir deras ke sini.

  1. Gaya Kucing Dan Sapi

Gaya Kucing Dan Sapi

Bagi pengidap sakit kepala khususnya migrain, gaya kucing dan sapi adalah pilihan tepat untuk anda. Berbaringlah di matras lalu posisikan diri merangkak, namun lutut ditekuk sejajar dengan lantai. Busungkan dada anda, kemudian dibalik posisinya sehingga badan menjadi cekung ke luar Manfaat Yoga.

Setelah 10 detik berlalu, ulangi gerakan ini sampai sekitar 6 repetisi sehingga total menyentuh angka 1 menit. Bagaimana, terasa kan sakit kepala mulai meninggalkan diri anda? Jadi lain kali ketika pasangan selesai mengajak ribut seharian, anda sudah tahu apa yang harus dilakukan ya.

Kesimpulan yang bisa kita pelajari bersama hari ini, yaitu bekerja sambil duduk lama pun juga bisa melelahkan seperti hal nya di luar ruangan. Sebagai bentuk rasa syukur dan tanggung jawab, kita umat manusia harus merawat tubuh pemberian dari Sang Pencipta. Jangan sampai apa yang sudah diberikan secara gratis, harus anda tebus dengan harga yang mahal akibat keteledoran diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>